Selasa, 18 Februari 2014

Langkah Mudah membangun rumah sendiri

Apa Langkah Mudah membangun rumah sendiri ? Apakah anda bisa membuat Gambar Rumah , Desain Rumah ,Sketsa Rumah / Layout Rumah untuk berbagai Model Rumah seperti : Rumah Lux , Rumah Mewah dan Rumah Minimalis secara mandiri ?

Berikut Langkah Mudah membangun rumah sendiri :

Membangun rumah sendiri pasti menjadi angan-angan dari banyak orang. Karena pada dasarnya, rumah atau tempat tinggal permanen adalah impian bagi setiap orang. Tapi banyak orang merasa sangat kesulitan untuk memulai membangun hunian idaman. Sebenarnya, cara membangun rumah tidak sesulit yang dibayangkan orang kebanyakan, asalkan kita tahu hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

Hal yang perlu dipertimbangkan untuk membangun rumah sendiri

Pertama adalah lokasi. Faktor lokasi ini juga akan berpengaruh terhadap factor biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat rumah idaman anda. Semakin strategis lokasinya, semakin tinggi pula biaya yang harus dipersiapkan. Untuk itu, factor lokasi perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah nanti kita bias membuat bangunan yang sesuai dengan kemampuan kita atau tidak. Sebagai gambaran, di kawasan Jabodetabek, pada tahun 2008, rumah murah bias dibeli dengan harga sekitar 60-90 juta rupiah. Di tahun 2013 ini, rumah seharga 120 juta masih dianggap murah.

Perlunya gambar kerja dan desain yang detil

Setelah menentukan lokasinya, tahapan lain yang perlu diperhatikan adalah saat mendesain rumah itu sendiri. Dalam mendesain rumah, anda bias saja menggunakan jasa konsultan arsitektur, maupun mendesain rumah sendiri dengan menggunakan bantuan berbagai informasi baik dari buku, internet, maupun dari hasil diskusi dengan pakar yang ahli di bidang desain rumah tinggal.

Dalam mempersiapkan hunian pribadi, gambar kerja yang detil juga diperlukan agar rumah anda dapat terbangun dengan sempurna. Jika memang anda merasa langkah-langkah dalam proses membangun rumah yang anda inginkan agak rumit, pastikan anda atau tukang anda memahami rencana bangunan rumah.

Tahapan selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan bangunan untuk rumah sendiri adalah menentukan material yang akan digunakan. Material yang nantinya digunakan tersebut merupakan investasi jangka panjang yang perlu anda pertimbangkan. Di satu sisi, anda memang perlu mempertimbangkan harga material pada saat akan membuat hunian pribadi anda. Tapi selain itu, anda juga perlu memperhatikan kualitas material dan bahan bangunan yang akan anda gunakan. Hal ini dikarenakan kualitas bahan bangunan yang akan anda gunakan juga akan berpengaruh terhadap perawatan rumah anda nantinya.

Hal yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan hunian anda adalah tukang yang akan dipekerjakan. Jika anda mengerti bangunan, anda bias menggunakan tukang amatiran yang biayanya lebih ringan, tapi jika anda tidak mengerti sama sekali tentang bangunan, sebaiknya menggunakan tukang yg handal atau jasa konsultan.

Langkah pembangunan rumah memang tidak semudah teori yang dijelaskan dalam banyak posting di internet maupun di media lain. Tapi setidaknya, dengan adanya tips-tips dan masukan dari media lain, kita dapat mendapatkan banyak ide untuk rumah idaman kita. Selianitu, dengan banyaknya tips yang diberikan, kita juga bias semakin mematangkan rencana kita untuk membangun sebuah rumah yang impikan selama bertahun-tahun.

1 komentar: